Aku gak rajin nulis sebenernya. Blog ini dibuat udah lama banget sejak SMP kalo gak salah, dan sekarang udah kuliah masih gak berkembang juga. Yaudah sih asal ada aja inimah, gak seru juga gak apa apa. Enjoy!!!

Kebersamaan Harga Mati Jangan Kau tawar Lagi !

"Makan gak makan asal ngumpul" -Slank

Kata ini memang sangat sering kita dengar  . Tapi apakah kita paham dan mengerti apa itu arti Kebersamaan yang sebenarnya?

Dalam dunia filsafat, perdebatan mengenai kebersamaan ini akan memerlukan wakjtu yang lama untuk memaknai kebersamaan yang sesungguhnya. Tapi agar Sobat menolak boloho dapat mengerti dan paham arti kebersamaan itu. Saya akan merangkumnya menurut pandangan saya dan fakta yang terjadi di lapangan. Baik mari kita simak dengan seksama. GO!!!

Menurut KBBI,'Kebersamaan' adalah hal bersama.
Saya gambarkan seperti ini:

Sama-----> Bersama----> Kebersamaan .

Sama =  Persis tidak ada bedanya
Bersama = Serentak
Kebersamaan = Kesamaan yang serentak atau melakukan hal yang sama secara serentak.

Pernahkah anda mengatakan persahabatan anda adalah suatu kebersamaan untuk selamanya? Berkata Susah senang sama sama? atau mungkin mengupload foto bersama teman atau pasangan atau keluarga anda dan anda menyebut itu Kebersamaan?

Jika iya, maka saya akan beritahu apakah anda benar benar menerapkan Arti kebersamaan itu atau belum. Yang terpenting adalah anda harus bisa terus bersama (bukan secara fisik). Anda harus bisa merasakan apa yang dia rasakan juga, Simplenya jangan pernah berbahagia ketika dia dalam kesusahan. Dalam artian anda harus ikut merasakan seolah anda menjadi dirinya. Jangan sebaliknya anda justru tidak peduli dengan apa yang dia rasakan. Saat dia dalam keadaan bersedih, anda harus bisa ikut merasakan dan menemani atau membantu dia keluar dari kesedihannya itu. Jadi anda harus tetap 'satu warna' dengannya. Jika anda hitam, Dia harus Hitam. Jika dia putih maka anda harus putih.

Saya akan memberikan ilustrasi agar anda bisa mendapatkan gambaran lebih jelasnya.

Bayangkan anda berada dalam situasi seperti ini:
"Anda dan teman anda berencana untuk pergi menonton konser musik di suatu kota. Dan itu adalah konser idola kalian berdua. Kalian sangat ingin pergi kesana. Sampai sampai kalian rela menabung, dan melakukan banyak cara agar bisa pergi menonton konser itu. Tapi saat kalian sama sama menunggu waktunya tiba. Teman anda mengalami suatu hal yang membuat dia tidak bisa ikut pergi. Entah itu sakit, kecelakaan, kehabisan dana atau apapun itu."
 Apa yang akan anda lakukan saat anda dalam situasi seperti ini?

   Jika anda memutuskan membatalkannya dan lebih memilih tidak pergi. Maka saya harus acungi jempol. Anda berada di jalan yang benar. Anda adalah manusia yang berhati mulia. Dan anda membuktikan bahwa kebersamaan kalian lebih berharga dari segunung emas sekalipun.

   Tapi jika anda memutuskan tetap pergi walau tanpa teman anda. Dengan alasan anda sudah menghabiskan banyak uang untuk itu atau anda telah berjanji pada seseorang bahwa anda akan pergi atau ada orang yang menunggu anda disana atau anda akan merasa malu jika anda tidak pergi atau apapun itu. Maka kebersamaan seperti apa yang anda maknai?

*Note : Postingan ini dibuat pada tanggal 2016 ketika penulis masih kelas 2 SMK, dan sekarang di 2019 ini. Penulis mengakui bahwa tulisan ini sangat mentah dan terkesan naif. Tapi gak akan di hapus karena biar jadi pelajaran aja, melihat proses perubahan pola pikir dari waktu kewaktu.



0 comments:

Post a Comment

Kebersamaan Harga Mati Jangan Kau tawar Lagi !