Aku gak rajin nulis sebenernya. Blog ini dibuat udah lama banget sejak SMP kalo gak salah, dan sekarang udah kuliah masih gak berkembang juga. Yaudah sih asal ada aja inimah, gak seru juga gak apa apa. Enjoy!!!

The Flat Earth Society

Bumi datar vs bumi bola
Apa yang akan ada lakukan jika ada teman anda yang berkata bahwa 
"Bumi Itu Datar Seperti Piringan" ?

Pastinya anda tidak akan percaya dan menganggap ini sebagai lelucon.
Karena kita selalu di beri pemahaman bahwa bumi itu bulat seperti bola.
Semua sekolah mengajarkan itu.

Tapi Percayakah anda di zaman yang sudah modern dan kemajuan teknologi informasi sudah maju ini
Masih ada orang orang yang percaya bahwa bumi ini datar?

Bumi datar vs bumi bola
logo The Flat Earth Society
Ini benar benar ada.
Dan bukan lelucon mereka benar benar sungguh sungguh dalam argumennya.
The Flat Earth Society 
Adalah nama organisasi yang masih mempercayai teori bumi datar yang bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah bahwa bumi itu berbentuk bola.

Charles K. Johnson
Organisasi modernnya didirikan oleh seorang pria asal Inggris, Samuel Shenton pada 1956
 dan kemudian dipimpin oleh Charles K. Johnson,
 yang menjadikan rumahnya di Lancaster, California, sebagai basis organisasi. 
Organisasi ini tidak lagi aktif semenjak kematian Johnson pada 2001,
 namun baru-baru ini organisasi Flat Earth Society dimunculkan kembali oleh presiden barunya, Daniel Shenton.


Daniel Shenton
 Munculnya kembali flat earth sontak saja mengundang dunia untuk melirik teori ini. Terbukti dengan Kata "Flat earth" Menjadi trending topick untuk kata kunci pencariandi google dari November 2015.


Pada 1956, Samuel Shenton mendirikan International Flat Earth Society sebagai organisasi penerus dari Universal Zetetic Society. Dia menjalankan organisasi ini dari kediamannya di Dover, Britania. Shenton lebih tertarik pada ilmu pengetahuan dan teknologi alternatif sehingga pada organisasi ini, penekanan pada argumen keagamaan jauh berkurang dibanding pada organisasi pendahulunya. Tidak lama setelah pendirian Flat Earth Society, satelit buatan pertama berhasil diluncurkan. Foto-foto yang diambil oleh satelit di luar angkasa kemudian memperlihatkan bahwa bumi adalah bulat. Akan tetapi Flat Earth Society tetap meyakini bahwa bumi itu datar. Shenton mengatakan, "Mudah sekali melihat bahwa foto seperti itu dapat memperdayai mata yang tak terlatih."

Samuel Shenton berhasil menarik perhatian publik. Dia masuk New York Times pada Januari dan Juni 1964, ketika julukan "flat-earther" juga tergantung di lantai Dewan Rakyat Britania Raya di kedua arah.
Organisasi ini juga berpendapat bahwa pendaratan Apollo di bulan adalah palsu, dilakukan oleh Hollywood dan didasarkan pada naskah buatan Arthur C. Clarke. Mendengar hal ini, Clarke mengirim surat lelucon pada kepala administrator NASA yang berisi pernyataan bahwa dia belum dibayar atas karyanya yang digunakan oleh NASA.

Pada 1969, Shenton berhasil membujuk Ellis Hillman, seorang dosen Politeknik, untu menjadi presiden Flat Earth Society berikutnya. Namun tidak ada banyak bukti mengenai keterlibatannya dalam Flat Earth Society. Setelah Shenton wafat, Ellis Hillman menambahkan koleksi perpustakaan Shenton ke arsip Science Fiction Foundation, yang ikut ia dirikan.

Shenton meninggal pada 1971 dan Charles K. Johnson mewarisi sebagian koleksi perpustakaan Shenton dari istri Shenton. Johnson lalu mendirikan dan menjadi presiden International Flat Earth Research Society of America and Covenant People's Church di California. Di bawah kepemimpinannya, selama lebih dari tiga dekade berikutnya, Flat Earth Society berkembang sampai mencapai sekitar 3000 anggota. Johnson mengedarkan buletin, pamflet, peta, dan berbagai materi promosi lainnya pada siapapun yang meminta. Dia mengelola semua permohonan keanggotaan bersama-sama dengan istrinya, Marjory, yang juga seorang flat-earther. Buletinnya yang paling terkenal adalah Flat Earth News, yang merupakan tabloid triwulanan setebal empat halaman. Johnson membiayai semua ini dari iuran tahunan anggota, yang berkisar dari $6 sampai $10 selama masa kepemimpinannya .


Berikut ini adalah beberapa kepala berita dari buletin Flat Earth News selama tahun 1970-an dan awal 1980-an:
  • "Whole World Deceived... Except the Very Elect" (Desember 1977)
  • "Australia Not Down Under" (Mei 1978)
  • "Sun Is a Light 32 Miles Across" (Desember 1978)
  • "The Earth Has No Motion" (Juni 1979)
  • "Nikita Krushchev Father of NASA" (Maret 1980)
  • "Galileo Was a Liar" (Desember 1980)
  • "Science Insults Your Intelligence" (September 1980)
  • "World IS Flat, and That's That" (September 1980)
  • "The Earth Is Not a Ball; Gravity Does Not Exist" (Maret 1981)

Model bumi terkini yang dibuat oleh Flat Earth Society memperlihatkan bahwa bumi berbentuk cakram, dengan Kutub Utara sebagai pusatnya sedangkan Kutub Selatan merupakan dinding es di pinggiran bumi.Peta tersebut mirip dengan peta pada bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang oleh Johnson digunakan untuk untuk memperkuat pendapatnya. Menurut model ini, matahari dan bulan masing-masing berdiameter 52 km (32 mil).

Flat Earth Society merekrut anggota dengan cara menentang pemerintah Amerika Serikat dan lembaga-lembaganya, terutama NASA. Sebagian besar literatur organisasi pada masa-masa awalnya lebih berfokus dalam penafsiran Alkitab secara harfiah, meskipun mereka juga berupaya memberikan bukti dan penjelasan ilmiah.

Perkumpulan ini mencapai 2,000 anggota pada masa puncaknya di abwah kepemimpinan Charles K. Johnson. Organisasi ini harus menghadapi bukti ilmiah yang sangat banyak dan opini publik yang meyakini bahwa Bumi itu bulat. Istilah "flat-earther" kemudian digunakan untuk menyebut seseorang yang secara keras kepala berpegang pada ide-ide yang didiskreditkan atau ketinggalan zaman..

Flat Earth Society mulai mengalami kemunduran pada tahun 1990-an, dan semakin terpuruk setelah terjadinya insiden kebakaran di kediaman Charles K. Johnson yang memusnahkan seluruh catatan dan data kontak anggota Flat Earth Society. Istri Johnson, yang ikut membantu mengelola database, meninggal tidak lama setelah itu. Charles K. Johnson sendiri meninggal pada 19 Maret 2001.
Sumber : wikipedia dan dukomen pribadi penulis




0 comments:

Post a Comment

The Flat Earth Society